Home » » Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Cara Mengatasi Rambut Berminyak
London - Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang indah. Tentu saja rambut indah terpancar dari rambut yang bersinar dan sehat. Rambut yang terlihat berminyak tentu membuat penampilan jadi tidak sempurna. Berikut beberapa ulasan tentang rambut berminyak.

Bagaimana ciri rambut berminyak?
Rambut berminyak biasanya berkilau. Namun kilauannya itu lebih terlihat kusam. Rambut jenis ini jelas sangat berbeda dengan rambut normal atau kering. Rambut berminyak biasanya lebih mengkilap dan selalu menyatu dan lengket walau setelah keramas.

Kenapa rambut bisa berminyak?
Rambut berminyak biasanya disebabkan oleh aktivitas kelenjar sebaceous kulit kepala. Hal ini biasanya terjadi karena kecenderungan genetika. Selain itu, aktivitas kelenjar sebaceous ini dapat juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi seseorang, seperti asupan karbohidrat dan lemak. Hormon dalam tubuh juga mempengaruhi minyak di rambut. Hormon seks androgen pada pria ketika sedang menggunakan kontrasepsi saat berhubungan dengan wanita dapat mengaktifkan kelenjar sebaceous. Struktur dan warna rambut juga relevan. Rambut tipis biasanya menyerap minyak lebih cepat daripada rambut tebal.

Bagaimana cara memperbaiki rambut berminyak?
Merawat rambut berminyak sama seperti merawat rambut tipe lain dalam hal mencuci rambut. Dulu, orang banyak percaya bahwa rambut berminyak tidak boleh sering-sering dicuci. Namun mitos ini sudah dibantah. Saat ini, para ahli rambut menyarankan agar mencuci rambut berminyak sebaiknya dilakukan bila rambut sudah kotor. Untuk para pemilik rambut berminyak disarankan untuk mencuci rambut setiap hari, khususnya bila orang itu tinggal di wilayah padat penduduk.

Bagaimana mencuci rambut berminyak?
Rambut berminyak sangat disarankan untuk tidak dicuci dengan suhu air yang terlalu panas. Suhu terbaik untuk mencuci rambut berminyak itu sebaiknya pada suhu 40-45 derajat Celsius. Dalam memilih sampo pun disarankan pemilik rambut berminyak untuk menggunakan sampo herbal. Rambut jenis ini juga sebaiknya diberi sampo sebanyak dua kali. Sampo didiamkan di kepala orang itu selama 3-5 menit. Dengan begitu, sampo sekalian mengusir minyak yang ada dalam rambut. Pemilik rambut minyak juga sebaiknya harus melupakan menggunakan kondisioner. Karena kondisioner hanya akan memperburuk kondisi rambut yang sudah tidak lengket lagi setelah dikeramas.

Bagaimana mengeringkan rambut berminyak?
Hampir setiap pagi kita biasanya menggunakan hair dryer karena hanya memiliki waktu yang sangat sempit ketika harus berangkat kerja. Namun ternyata setelah kita mencoba mengusir minyak rambut itu pada saat keramas, sangat tidak disarankan untuk mengeringkan rambut dengan hair dryer. Bila harus mengeringkan rambut dengan hair dryer, lebih baik menggunakannya dalam suhu hangat, bukan panas.

Bagaimana gaya rambut minyak terbaik?
Rambut berminyak lebih baik menggunakan gaya keriting karena dapat mengembangkan rambutnya. Karena ketika menggunakan gaya rambut lurus, rambut yang berminyak akan sangat terlihat menyatu dan lepek.
Diberdayakan oleh Blogger.