Home » , » Google Sediakan Wi-fi Gratis di New York

Google Sediakan Wi-fi Gratis di New York

Google Sediakan Wi-fi Gratis di New York
TEMPO.CO, New York - Slogan Google "don't be evil" mulai terasa. Raksasa Internet ini mengumumkan menggratiskan jaringan nirkabel Internet di daerah Chelsea, New York. Google mengumumkan rencana itu pada hari ini bersama Charles Schumer, Senator dari New York, Rabu, 9 Januari 2013.

Penggratisan ini merupakan bagian dari upaya Google untuk menciptakan komunitas teknologi baru di New York, agar menjadi alternatif dari komunitas teknologi Silicon Valley, California. Wi-fi gratis ini akan mencakup wilayah di Chelsea, daerah yang mencakup markas Google di New York.

Eric Schmidt, CEO Google, mengatakan perusahaannya mungkin memperluas layanan serat ke daerah lain jika terbukti berhasil. "Ini sebenarnya bukan percobaan. Kami benar-benar menjalankannya sebagai sebuah bisnis," ujarnya.

Menurut Ben Fried, Chief Information Officer Google, jaringan ini tidak hanya akan menjadi melayani 2.000 lebih rumah tangga, namun juga akan melayani 5.000 lebih mahasiswa di Chelsea, serta ratusan pekerja, pelanggan retail, dan wisatawan yang mengunjungi Chelsea setiap hari.

Langkah ini adalah langkah lain dalam eksperimen Google dalam penyediaan jaringan Internet. Sebelumnya, Google menyediakan jaringan Wi-fi di sekitar Mountain View, California, dan sedang mengerjakan sebuah proyek serat broadband di Kansas.

Proyek tersebut kini telah mencapai dua lingkungan di Kansas, berkembang pesat pada kuartal pertama tahun ini. Jaringan itu menawarkan kecepatan Internet 1 gigabita per detik. Mereka yang tidak ingin terkena biaya bulanan untuk layanan supercepat bisa mendapatkan broadband standar gratis, asalkan mereka bersedia membayar biaya pembangunan serat broadband sebesar US$ 300 atau tidak lebih dari Rp 3 juta.
Diberdayakan oleh Blogger.