Home » , » Wikipedia Kehilangan Banyak Editor

Wikipedia Kehilangan Banyak Editor


Wikipedia Kehilangan Banyak Editor

TEMPO.CO, Washington - Laman ensiklopedia multibahasa Wikipedia telah kehilangan banyak editor bahasa Inggris sehingga cita-citanya untuk menjadi sumber pengetahuan daring terganggu. Demikian laporan hasil studi di American Behavioral Scientist.

Studi yang dipimpin Aaron Halfaker dari University of Minnesota mendapati jumlah "kolaborator" atau editor sukarela laman itu telah merosot drastis dari sekitar 56.000 pada 2007 menjadi 35.000 pada akhir 2012.

Menurut peneliti, ada beberapa alasan di balik penurunan jumlah editor tersebut, termasuk adanya program otomatis atau bots. Salah satu alasan utama penurunan itu adalah kemungkinan para kontributor potensial tidak menyukai struktur di Wikipedia.

"Beberapa perubahan yang dilakukan komunitas Wikipedia untuk mengelola kualitas secara ironis telah melumpuhkan pertumbuhan yang mereka rancang," tulis peneliti di American Behavioral Scientist, pekan lalu, yang dikutip AFP.
Pembatasan mekanisme kontrol kualitas, misalnya, dianggap menjadi penyebab utama penurunan jumlah kontributor baru.

Mereka mengatakan, Wikipedia berusaha mengusir editor yang tidak kompeten dengan peraturan, namun peraturan itu membuat "calon editor" kecewa ketika naskah sumbangan mereka dihapus.

Laman Wikipedia punya edisi dalam 285 bahasa. Pendirinya, Jimmy Wales, mengatakan bahwa penting bagi Wikipedia untuk lebih terbuka kepada pendatang baru, agar bisa menyeimbangkan diri dengan banyaknya informasi yang ingin diproses. Namun, para peneliti yakin imbauan untuk meningkatkan kualitas itu menjadi bumerang bagi Wikipedia.

"Wikipedia telah berubah dari 'ensiklopedia yang bisa diedit oleh siapa pun' menjadi 'ensiklopedia yang hanya bisa diedit oleh orang yang mengerti norma, bersosialisasi, dan masih ingin mengkontribusikan waktu dan energinya secara sukarela'," tulis para peneliti.

Selama bertahun-tahun, Wikipedia telah menjelma menjadi situs yang cukup populer. Bagi pembaca Indonesia, misalnya, Wikipedia pernah menobatkan artikel Sukarno sebagai artikel terpopuler 2012. Ini daftar lengkap Artikel Wikipedia Terpopuler 2012
Diberdayakan oleh Blogger.