Home » , » XL Fokus Garap Bisnis Social Gaming

XL Fokus Garap Bisnis Social Gaming

XL Fokus Garap Bisnis Social Gaming
Jakarta - Melihat potensi mobile social gaming tahun lalu, operator telekomunikasi XL pada tahun 2013 ini berencana untuk makin fokus menggarap segmen usaha ini, terutama melalui kerja sama dengan Kotagames.

Sejak diluncurkan secara resmi pada Februari tahun lalu, pengguna layanan ini meningkat sebesar 30 persen setiap bulannya. "Ketika pertama diluncurkan pengguna layanan ini jumlahnya sekitar 15 ribu, namun pada Desember sudah mencapai 1,2 juta," ujar Revie Sylviana Andriani Dewi, General Manager Content and Application XL, dalam re-launching layanan ini di Central Park, Jakarta Barat, Selasa, 8 Januari 2013.

Revie menambahkan, dalam divisi value added service (VAS), divisi social network dan gaming memiliki kontribusi terhadap pendapatan sebesar 30 persen. Sementara untuk keseluruhan pendapatan XL pada kuartal tiga tahun lalu, VAS berkontribusi sebesar 3 persen.

"Meski kontribusinya masih tergolong kecil, dalam layanan VAS pertumbuhan gaming yang tertinggi," ia menambahkan. Revie mengatakan ia belum bisa menyebutkan target untuk segmen ini karena masih menunggu target pencapaian XL secara keseluruhan untuk tahun 2013. "Tapi pertumbuhannya bisa double untuk tahun ini," ujarnya.

Revie juga optimistis bahwa mobile social gaming dapat menggeser tren layanan VAS tahun sebelumnya yang lebih berkutat pada konten tradisional seperti RBT maupun SMS premium.

Menurutnya, sejauh ini mayoritas pengguna Kotagames masih berasal dari feature phones. Ke depannya, XL masih akan menggandeng Kotagames untuk menyediakan layanan ini untuk platform Android, yang ditargetkan mendapat dirilis pada akhir kuartal pertama 2013.

Selain mengincar pasar smartphone, XL akan membangun ekosistem layanan ini, dengan mendekati pengembang game lokal. Yang pertama melalui XL Developer Network, yaitu penyelenggaraan lokakarya untuk masyarakat umum, pengembang, maupun pelajar mengenai sisi teknis pembuatan game sosial dan interaksinya ke platform Kotagames. "Acara ini akan digelar di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya mulai Februari nanti," katanya.

Puncaknya, pada Maret nanti XL akan menggelar Road to Gamehack 2013, yaitu kompetisi pembuatan game selama 24 jam. "Seluruh game karya pemenang akan dimasukkan dalam Kotagames," Revie menambahkan.

Kotagames merupakan publisher sekaligus pengembang mobile social game yang berada di bawah perusahaan TheMobileGamer yang bergerak di negara Asia Tenggara lain, seperti Thailand dan Filipina.

Layanan Kotagames berbasis web browser, sehingga dapat digunakan pada perangkat smartphone maupun feature phone. Terdapat 26 judul yang tersedia, dan dalam game tersebut pengguna dapat bermain, berduel, dan berteman dengan pemain lain, serta melakukan aktivitas chatting. Selain dengan XL, Kotagames bekerja sama dengan Telkomsel. Namun, sekitar 60 persen dari pengguna Kotagames Indonesia berasal dari pengguna XL.
Diberdayakan oleh Blogger.