Home » , » Bank Indonesia Tawarkan Mediasi Perbankan Gratis

Bank Indonesia Tawarkan Mediasi Perbankan Gratis

TRIBUNNEWS.COM , SURABAYA – Bisnis perbankan merupakan bisnis kepercayaan. Karenanya kepada para nasabah, perbankan diwajibkan memberi pelayanan terbaik.
Namun karena potensi keluhan nasabah terhadap layanan perbankan cukup besar, Bank Indonesia (BI) memberikan ruang mediasi untuk menyelesaikan sengketa antara nasabah dengan bank yang melayaninya.
Mediasi perbankan ini disampaikan Direktur Eksekutif Departemen Investigasi dan Perlindungan Konsumen Perbankan Bank Indonesia, Yunnokusumo di sela-sela pertemuan Contact Person Perbankan dan Seminar Perlindungan Nasabah Perbankan yang berlangsung di Surabaya, Rabu (26/6/2013).
Yunnokusumo mengatakan, mediasi perbankan adalah langkah penting untuk meningkatkan perlindungan nasabah.
Diharapkan melalui itu sengketa perdata antara bank dan anasabah bisa diselesaikan lewat mekanisme pengaduan nasabah seperti diatur dalam Peraturan BI no 10/10/PBI/2008 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah.
”Akan tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mediasi perbankan.Di antaranya adalah nilai tuntutan finansial atas sengketa yang tak lebih dari Rp 500 juta,” ujarnya.
Syarat-syarat lainnya, permohonan diajukan secara tertulis kepada BI disertai dokumen pendukung, nasabah pernah mengajukan upaya penyelesaian sengketa tersebut kepada bank bersangkutan.
Berikutnya, sengketa yang diajukan tidak sedang dalam proses atau belum pernah diputus lembaga arbitrase atau pengadilan, atau belum terdapat kesepakatan yang difasilitasi lembaga mediasi lainnya.
Dua syarat berikutnya, sengkata yang diajukan adalah sengketa keperdataan dan sengketa yang diajukan belum pernah diproses dalam mediasi perbankan yang difasilitasi BI serta pengajuannya belum melebihi masa 60 hari sejak tanggal surat hasil penyelesaian pengaduan yang disampaikan oleh bank kepada nasabah.
Diberdayakan oleh Blogger.