Home » , » Telkom dan Alcatel Kembangkan Jaringan 100G

Telkom dan Alcatel Kembangkan Jaringan 100G


TEMPO.CO, Doha - Telkom Indonesia dan Alcatel-Lucent hari ini, 10 Juli 2013, mengumumkan kesepakatan bagi Alcatel-Lucent untuk membangun jaringan optik generasi berikutnya di Kalimantan, Sulawesi, serta Jakarta, yang menghasilkan sekitar 50 persen dari lalu lintas data Telkom Indonesia.

Jaringan serat optik itu, berbasis pada konvergensi teknologi wavelength division multiplexing/optical transport (WDM/OTN), akan memungkinkan Telkom Indonesia untuk menyediakan kemampuan trafik 100 gigabit per detik (100G).

Hal ini secara efisien dan efektif akan memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap layanan mobile yang semakin canggih dan membutuhkan bandwidth tinggi, termasuk video, multimedia dan aplikasi data intensif lainnya.

Arief Yahya, Direktur Utama Telkom Indonesia, mengatakan meningkatnya selera konsumen terhadap perangkat dan aplikasi yang lapar bandwidth mendorong permintaan yang luar biasa di seluruh jaringan Telkom. "Kami berharap melalui solusi transport optik 100G Agile Optical Networking (AON) Alcatel-Lucent, Telkom bisa memberikan kapasitas tinggi dengan fleksibilitas dan efisiensi untuk melayani pelanggan kami saat ini dan di masa depan," ujarnya.

Sementara Bobby Rasyidin, Senior Executive Alcatel-Lucent di Indonesia, mengatakan dengan geografi yang membentang lebih dari 17.000 pulau, Telkom Indonesia sedang mencari penyedia teknologi untuk membangun pondasi jaringan yang dapat melayani wilayah yang luas secara efisien dan efektif. "Alcatel-Lucent akan membantu menciptakan sebuah platform umum untuk kapasitas dan efisiensi jaringan yang mencakup 200 juta penduduk Indonesia," ujarnya.

Telkom Indonesia saat ini menyediakan jaringan broadband berkecepatan tinggi ke lebih dari 19 juta pelanggan dan 125 juta pelanggan seluler. Jaringan 100G akan mencakup 50 persen lalu lintas broadband kecepatan tinggi di wilayah layanan Telkom Indonesia.

Alcatel-Lucent menggunakan platform konvergensi WDM/OTN untuk memenuhi permintaan layanan data bandwidth tinggi yang meningkat, seperti high-definition video streaming, aplikasi mobile broadband generasi berikutnya dan layanan cloud.
Diberdayakan oleh Blogger.